HMIF UAI Present Workshop Informatics Engineering (WINNER)

HMIF UAI – Setelah sebelumnya pernah mengadakan kegiatan Computer Maintenancedi kepengurusan 2012/2013, Kamis (12/3), Himpunan Mahasiswa Informatika UAI 2014/2015 kembali mengadakan kegiatan serupa dengan nuansa yang berbeda. Workshop Informatics Engineering atau yang lebih dikenal dengan sebutan “WINNER” ditujukan untuk mahasiswa informatika UAI tingkat pertama. WINNER merupakan salah satu program kerja HMIF UAI yang berada di bawah naungan Departemen Pusat Penerapan dan Pengembangan Sumber Daya Anggota (P3SDA). Tema yang diangkat pada tahun ini adalah “Satu Sentuhan, Menggenggam Dunia.”.

Dengan diadakannnya workshop ini, pengurus Himpunan Mahasiswa Informatika berharap agar mahasiswa/i Teknik Informatika dapat meningkatkan intelektualitas, mental, dan daya kreatifitas serta kemandirian mereka dalam hal teknologi. Workshop diadakan selama dua hari, yaitu hari Kamis dan Sabtu.

Kegiatan ini berisikan materi dan pelatihan mengenai Network, Programming, Hardware, dan Operating System. WINNER berlangsung kurang lebih selama 2-6 jam, serta bertempat di Pusat Komputer UAI dan Laboratorium Informatika. Hari pertama, acara dibuka oleh beberapa sambutan dari Ketua HMIF UAI Periode 2014/2015, Abdul Rachman (IF12) dan Alif Nur Pramesti A. (IF12), selaku Ketua Pelaksana WINNER 2015. Kegiatan diisi dengan materi Network dengan salah satu senior tingkat akhir, yaitu Bima Satria (IF11) yang menjadi tutor. “Tetap pertahankan acara seperti ini. Acaranya bagus, dan usahakan bukan cuma sekedar tempat sharing aja. Tapi jadikan acara ini sebagai Forum Berbagi Ilmu yang berfokus pada mata kuliah.”, ujarnya saat ditanya mengenai workshop ini.

Peserta yang kurang responsif tidak menghalangi kekondusifan berlangsungnya kegiatan. “Feedback dari mereka agak kurang ya, masih banyak yang malu bertanya, tapi secara keseluruhan, mereka tipikal orang-orang yang cepat paham.”, tambahnya di kesempatan yang sama.

Di hari kedua, pemateri pertama Fatimah Ilona Asa S. (IF11) memberikan pengetahuan mengenai Programming serta mengajak peserta memainkan game sederhana, Hour of Code. Peserta sangat antusias memainkan permainan tersebut, bahkan ada yang memainkannya berulang-ulang dan mencoba game lainnya, seperti Code Combat.

Salah satu peserta mengungkapkan kesenangannya di social media twitter, sebagai berikut :

screen

Dua jam berselang, workshop dilanjutkan oleh Deden Egi Nugraha (IF11) dengan materi Hardware dan Instalasi Operating System. Pada sesi ini, peserta diberikan pengetahuan tentang macam-macam hardware serta fungsi-fungsinya, serta diajak untuk berani membongkar-pasang CPU komputer. Setelah berhasil memasang kembali komponen CPU dengan benar, workshop dilanjutkan dengan demo instalasi OS Windows dan Linux.

“Selama menjadi mahasiswa, buatlah kesalahan sebanyak-banyaknya. Jangan takut mencoba.”, ucap Fatimah dan Deden di sela-sela pelatihan. Yuk simak keseruan yang terjadi selama WINNER 2015 di foto-foto berikut ini.. (Sonia/HMIF)

winner-1    winner-2

winner-3   winner-4

winner-5    winner-6

winner-7    winner-8

winner-9    winner-10

winner-11    winner-12

 

 

 

 

 

 

Print Friendly
FacebookTwitterGoogle+Bagikan
Tagged on: , ,
<\/body>