IF UAI di Konferensi Big Data 2015

Setelah sukses dengan konferensi Big Data Indonesia yang pertama pada tahun 2014, komunitas idBigdata kembali mengadakan Konferensi Big Data Indonesia 2015 yang digelar di Gedung Serbaguna Telkom University, Bandung, Jawa Barat. Konferensi ini sangat penting dalam rangka pemanfaatan big data, melihat populasi penduduk Indonesia yang cukup besar dan kekayaan alam yang melimpah.

KBI 2015 mengundang para peneliti, praktisi, para pendidik, dan masyarakat umum. Gelaran Konferensi Big Data tahun ini mengangkat tema “Kedaulatan Pilar Kemandirian Bangsa”. Tujuan dari konferensi ini adalah mempermudah penyampaian informasi big data kepada para peserta dengan mengkombinasikan antara penjelasan, diskusi, showcase (demo) dan studi kasus.

Teknologi Big Data sangat relevan bagi semua bidang termasuk bidang telekomunikasi, manufaktur, jasa keuangan, periklanan, kesehatan, minyak dan gas, sector public, retail, pendidikan dan penelitian, transportasi, dan lain sebagainya. Pada perhelatan kali ini juga dilakukan peresmian Indonesia Big Data Innovation Center serta peluncuran Braja yang merupakan hadoop appliance, dan sebuah distribusi Hadoop kompilasi anak bangsa pertama yang dinamakan Yava.

Mahasiswa IF UAI mengikuti KBI 2015 dengan Antusias

Mahasiswa IF UAI mengikuti KBI 2015 dengan Antusias

Teknik Informatika Universitas Al Azhar Indonesia (IF UAI) mendapat undangan khusus untuk mendukung kegiatan KBI 2015 ini dengan menghadirkan booth yang menampilkan penelitian-penelitian yang telah dan sedang dilaksanakan di IF UAI, terutama yang berkaitan dengan Bioinformatika (Genomics). Mahasiswa antusias hadir menyemarakkan kegiatan ini didampingi dengan dosen tetap Prodi IF.

Booth Teknik Informatika di KBI 2015

Booth IF UAI di KBI 2015

 

Round Table Session

Round Table Session

Pada kesempatan ini Prodi IF UAI juga diberikan kesempatan untuk memimpin Round Table Session yang mendiskusikan mengenai Masalah, Tantangan, dan Potensi Pengimplementasian Big Data di Indonesia dengan narasumber Bambang Dwi Anggono, S.Sos., M.Eng., CEH (Kominfo), Ir. Ignatius Warsito, MBA. (Direktur Industri Elektronika dan Telematika – Kemenperind), Drs. Rusmanto, M.M. (Info Linux), Anton Herutomo, S.T., M.Eng. (Telkom University), dan Illiza Sa’addudin Djamal, S.E. (Walikota Banda Aceh). Diskusi ini dimoderatori oleh Dr. Ir. Ade Jamal yang merupakan dosen tetap Teknik Informatika dan Wakil Rektor 2 Universitas Al Azhar Indonesia.

Print Friendly
FacebookTwitterGoogle+Bagikan
<\/body>