Kapita Selekta IF #2 : IT Project Management

Senin, 4 April 2016 kembali diadakan perkuliahan Kapita Selekta. Kapita Selekta adalah sebuah mata kuliah untuk mempersiapkan mahasiswa tingkat akhir Teknik Informatika dalam penyusunan skripsi. Selain sebagai sarana persiapan, mata kuliah ini juga menuntun mahasiswa agar dapat menyiapkan skripsinya dengan lebih tepat dan terarah. Menariknya, kuliah digelar dengan mendatangkan pembicara-pembicara inspiratif yang telah menggeluti dunia kerja dalam bidang IT.

Perkuliahan kali ini menghadirkan Tubagus Rafi Kusuma, ST, MM yang merupakan alumni Teknik Informatika Universitas Al Azhar Indonesia angkatan 2002. Saat ini Rafi, panggilan akrabnya, menjadi Director di PT. Internex. Rafi juga pernah menjadi Business Development Manager, Project Manager di PT. Alita Praya Mitra, Project Manager PT. Damar Anugrah Pertama (DAP Consultants), dan pengalaman lainnya.

Overview IT Project Management in Software Industry merupakan bahasan yang disampaikan oleh Rafi. Sebagai pembuka, Rafi memberi penjelasan definisi project, mengenalkan PRINCE2 (PRojects IN Controlled Environments) dan PMI(Project Management Institute). Rafi juga memaparkan tentang PMP atau Project Management Professional. PMP adalah sertifikasi Project Management yang dikeluarkan oleh PMI, sebuah lembaga independen yang bermarkas di Pennsylvania, Amerika Serikat. PMP diakui secara luas oleh dunia industri di seluruh belahan dunia sebagai standard untuk kualifikasi Project Management.

Bukan hanya itu, Rafi juga menceritakan pengalamannya menjadi seorang Project Manager. “Project Manager sangat dibutuhkan, karena setiap organisasi pasti punya project,” ungkapnya. “Salah satu skill yang harus dipunyai adalah kemampuan berkomunikasi yang baik,” lanjutnya.

Rafi melanjutkan penjelasan peran umum untuk IT Project Management yang di antaranya Project Manager (PM), Business Analyst (BA), System Analyst (SA), Negotiator, Budget Analyst, Legal Analyst, Technologist, Visionaries & Strategies, Communicator, Time Manager, Team Builder.

Rafi menyampaikan materi

Narasumber menyampaikan materi

Usai memberi penjelasant, sesi tanya jawab pun dimulai. Tidak sedikit mahasiswa yang bertanya dan telihat tertarik dengan IT Project Management.

Wisnu, mahasiswa IF'12 mengajukan pertanyaan

Wisnu, mahasiswa IF’12 mengajukan pertanyaan

Dengan adanya bahasan mengenai IT Project Management ini membuka wawasan mahasiswa IF UAI bahwa profesi di bidang IT sangat luas, tidak melulu pada coding saja. Dan Tubagus Rafi Kusuma juga memberi motivasi bagi mahasiswa untuk terus semangat belajar.

Sesi foto bersama usai perkuliahan

Sesi foto bersama usai perkuliahan

 

Print Friendly
FacebookTwitterGoogle+Bagikan
<\/body>