IT FEST UAI 2016 : FUTURE

Setelah sukses menggelar IT FEST UAI 2014 yang pertama pada tanggal 10-11 Juni 2014 lalu, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Al Azhar Indonesia kembali mengadakan IT FEST UAI 2016 dengan tema Fantastic and Unpredictable Technology for Human’s Future Life (FUTURE). IT FEST UAI 2016 diselenggarakan selama empat hari, yaitu pada tanggal 25-28 April 2016. Acara ini terdiri dari serangkaian kegiatan di antaranya perlombaan, stand dan bazaar, seminar dan workshop.

Perlombaan yang diadakan pada IT FEST UAI 2016 ialah DOTA2, Rakit PC (hanya untuk siswa/i SMA sederajat), dan Instagram Video Challenge. Seminar menghadirkan empat pembicara yang dibagi menjadi dua hari, yaitu Overclocking Team, Arief (Kaspersky Indonesia), Beno Kunto Pradekso (CEO of Solusi 247), dan Yasser Hadiputra  (CEO of CISO Magazine). Untuk mengikuti seminar, peserta tidak dipungut biaya (gratis). Lalu untuk workshop terdapat dua pemateri dengan tema berbeda yaitu Fatimah Ilona Asa (Alumnus IF UAI 2011) dan Komunitas Pengguna Linux (KPLI) Jakarta. Produk-produk mulai dari makanan, minuman, pakaian, dan lain-lain juga terdapat di bazaar IT FEST UAI 2016. Selain itu, ada stand dari para sponsor yang menarik perhatian partisipan.

IT FEST UAI 2016 mendapat dukungan dari berbagai sponsor di antaranya AMD, Kaspersky Indonesia, Qwords, Indofood, Solusi 247, Masinton Petro, dan Mountoya. Berbagai media partner seperti Overclocking ID, CISO Magazine, kabarkampus.com, TECHINASIA, anakUI.com, dan Hai Kampus Indonesia juga turut membantu menyebarkan acara IT FEST UAI 2016. Bukan hanya sponsor dan media partner, tetapi IT FEST UAI 2016 juga ada official ride-sharing app partner yaitu UBER. Dengan memasukkan kode prome ITFESTUAI, partisipan mendapat free first ride sebesar Rp 50.000. Perhimpunan Mahasiswa Informatika dan Komputer Nasional (PERMIKOMNAS) dan KPLI Jakarta juga turut mendukung terselenggaranya IT FEST UAI 2016.

13115962_1162572220420101_7263272456614970894_o (1)

 

Hari 1 dan 2 : Senin – Selasa, 25-26 April 2016

Kegiatan pada hari pertama IT FEST UAI 2016 ini adalah babak penyisihan perlombaan DOTA2. Terdapat 12 tim yang dibagi dalam enam pertandingan, mulai dari jam 9.00 hingga 17.15 WIB. Pertandingan ini berlangsung dengan baik dan seru di Lantai 3, depan Auditorium Arifin Panigoro UAI. Selain terselenggaranya penyisihan DOTA2, terdapat pula stand dari berbagai sponsor di sekitar area perlombaan.

Di hari kedua, enam tim perlombaan DOTA2 yang memenangi pertandingan saat penyisihan hari sebelumnya kembali diadu untuk dapat melaju ke babak semifinal pada hari Rabu.

dota_2

qwordsamd

 

 

 

 

 

Hari 3 – Rabu, 27 April 2016

Hari ketiga terselenggaranya IT FEST UAI 2016 menjadi hari pertama untuk kegiatan seminar. Selain itu, workshop, perlombaan Rakit PC, dan kelanjutan dari perlombaan DOTA 2 juga diadakan pada hari tersebut.

Seminar hari pertama dimulai sekitar pukul 9 yang dipandu oleh MC yaitu Alif Nur Pramesti (IF 2012) dan Dison Azdita (IF 2010). Seminar diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Muhammad Hadi Sabili, mahasiswa Healing & Conseling UAI angkatan 2014. Selanjutnya terdapat beberapa sambutan, di antara sambutan dari Rizky Syahferi (Ketua Panitia IT FEST UAI 2016), Shabran Al Khairi (Ketua HMIF 2015/2016), Bapak Dr. Ir. Ahmad H Lubis, M.Sc. (Rektor UAI), dan Ibu Ir. Winangsari Pradani, MT (Kepala Program Studi IF UAI).

Sebelum mendapat ilmu dari pembicara pada seminar hari pertama ini, mahasiswa UAI mempersembahkan penampilan accapela yang terselip pesan dakwah di dalam lagu yang mereka bawakan. Setelah peserta seminar dihibur dengan accapela, tiba saatnya seminar sesi satu mengenai PC & Internet Security yang dibawakan oleh Arif Rachman dari Kaspersky Indonesia.

Sebagai pembukaan, Arif mengenalkan Kaspersky yang ‘lahir’ di Rusia. Arif mengatakan bahwa virus bukan hanya menyerang personal saja, tapi sudah mencapai korporat.

“Sekarang penyebarannya bukan cuma per hari, tapi per menit.”, terangnya.

Arif menjelaskan tentang varian virus, kiat memilih antivirus, dan sebagainya. Terdapat pula sesi tanya jawab yang diminati oleh peserta, terbukti dari banyaknya peserta yang ingin bertanya. Dan bagi penanya di sesi tanya jawab ini, berhak mendapat hadiah persembahan dari Kaspersky Indonesia.

Usai seminar sesi satu, ada presentasi dari AMD Indonesia yang memperkenalkan keunggulan AMD.

“AMD memiliki kartu grafis tercepat. Dengan keunggulan CPU dan GPU, AMD menggabungkannya menjadi APU. Semua developer games memercayakan AMD,” ujar Ridwan, perwakilan dari AMD Indonesia.

Selanjutnya, seminar sesi dua siap dimulai. Namun sebelumnya Dicki Jatnika, tim Overclocking  Indonesia bersama Kaspersky dan AMD Indonesia membagikan banyak hadiah yang membuat peserta semakin semangat. Overclocking Indonesia mengenalkan berbagai macam perangkat teknologi di seminar sesi kedua ini. Bukan hanya omongan saja atau dengan gambar, tetapi pembicara membawa fisik asli dari perangkat-perangkat yang dijelaskan. Pembicara membawakan materi seminar dengan seru, tak jarang para peserta seminar tertawa mendengarnya. Di akhir sesi, terdapat tanya jawab dan pembicara kembali bagi-bagi hadiah doorprize. IT FEST UAI 2016 memang berlimpah ilmu dan hadiah! 🙂

Dengan berakhirnya seminar sesi dua, berakhir pula rangkaian kegiatan seminar hari pertama IT FEST UAI 2016. Namun, masih ada kegiatan lainnya, yaitu lanjutan pertandingan DOTA 2, perlombaan Rakit PC, dan workshop.

Pertandingan DOTA 2 pada hari Rabu ini adalah babak semifinal dan merebutkan posisi juara ketiga. Sementara perlombaan Rakit PC diikuti oleh 30 peserta pelajar SMA-sederajat yang dibagi menjadi dua sesi. Peserta lomba Rakit PC juga mendapat workshop spesial dari Power Color AMD Indonesia. Dan untuk Workshop IT FEST UAI 2016, terdapat dua topik dengan pembicara yang berbeda, yaitu Workhsop Web Server Implementation in Ubuntu Linux oleh KPLI Jakarta, dan Workshop Social Media Crawling Using API oleh Fatimah Ilona Asa. Workshop diadakan di ruang 005A dan 005B UAI. Peserta workshop tentunya mendapat ilmu yang banyak, terpancar dari wajah puas mereka usai workshop.

IMG_20160427_095413 IMG_20160427_101355 IMG_20160427_123556workshoprakitpc
IMG_20160427_100634

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hari 4 – Kamis, 28 April 2016

Hari keempat merupakan hari terakhir terselenggaranya IT FEST UAI 2016. Di hari terakhir ini, terdapat dua sesi seminar dan final DOTA 2. Pengumuman pemenang lomba yang diadakan juga terdapat pada hari Kamis tersebut.

Seminar sesi satu di hari kedua seminar ini diisi oleh Beno Kunto Pradekso, CEO of SOLUSI 247 dengan topik The Future of Big Data and Cloud Technology.

“Big Data bukan teknologi, tapi Big Data adalah movement untuk mengolah data. Big Data lahir dari kebutuhan bisnis,” papar beliau.

Pembicara juga membahas keuntungan dari Cloud yang jika dihubungkan dengan Big Data, maka akan saling mendukung. Satu jam tidak terasa, seminar sesi satu pun berakhir, dan tentunya peserta dapat mengajukan pertanyaan. Rasa penasaran yang tinggi terhadap teknologi Big Data dan Cloud ini membuat banyak peserta antusias untuk bertanya.

Sebelum lanjut ke seminar sesi dua, Qwords melakukan presentasi singkat. Qwords merupakan Top 5 Web Hosting Indonesia (since 2008 by webhosting.info research). Selain mengenalkan Qwords kepada para peserta seminar, pihak Qwords juga memberikan penjelasan mengenai hosting terbaik dan kita-kiat memilihnya. Qwords membagikan beberapa hadiah kepada peserta yang dapat menjawab pertanyaan dan memberikan diskon 20% khusus untuk peserta seminar IT FEST UAI 2016.

Setelah presentasi Qwords, MC mempersilakan pembicara seminar sesi kedua, yaitu Yasser Hadiputra untuk memulai bahasannya mengenai The Importance of of Security in Business.

Pembicara memberi tahu peserta tentang information security accidents yang tentunya menambah wawasan. CEO dari CISO Magazine tersebut membawakan materi secara interaktif, contohnya meminta para peserta untuk menebak threat yang paling sering terjadi di perusahaan, dan sebagainya.

Security accidents itu dampaknya luas dan banyak, bahkan hasil yang kita belum bayangkan,” ujarnya.

Seperti biasa, di akhir sesi seminar peserta mendapat kesempatan untuk bertanya. Topik yang menarik ini menggiring peserta untuk mengajukan beragam pertanyaan yang siap dijawab langsung oleh Yasser Hadiputra.

Setelah mendapat ilmu yang luar biasa, peserta seminar dihibur dengan pertunjukkan accapela dari Mahasiswa UAI. Mereka membawakan lagu Laskar Pelangi (Nidji) dan ABG (Snada). Berdakwah dengan cara yang kreatif itu keren!

Tidak sampai di situ saja, IT FEST UAI 2016 membagikan banyak hadiah kepada para peserta melalui doorprize. Dan yang ditunggu-tunggu peserta lomba pun tiba, karena di akhir seminar terdapat pengumuman pemenang photo contest, lomba Rakit PC, dan Instagram Video Challenge. Para pemenang naik ke panggung dengan wajah sumringah. Sementara untuk pemenang lomba DOTA2 belum diumumkan karena pertandingannya masih berlangsung.

IMG_20160428_095739 IMG_20160428_111325 IMG_20160428_120757

 

 

 

 

 

Genap empat hari IT FEST UAI 2016, dan berlangsung dengan sukses. Sampai jumpa di IT FEST UAI selanjutnya!

Print Friendly
FacebookTwitterGoogle+Bagikan
<\/body>