Kapita Selekta #4 : Computer Network & IT Services

Kemajuan teknologi informasi merupakan hal yang akan terus terjadi dengan munculnya beragam teknologi baru dan bertujuan untuk mengatasi berbagai masalah atau kebutuhan yang ada. Salah satu teknologi yang semakin banyak dipakai oleh banyak perusahaan baik besar maupun kecil adalah jaringan komputer atau biasa disebut networking.

Untuk membekali para mahasiswanya mengenai hal tersebut, Teknik Informatika UAI kembali menyelenggarakan perkuliahan Kapita Selekta dengan tema Computer Network & IT Services. Pembicara pada pertemuan keempat ini adalah Pandriya S Kusuma. Pandri, panggilan akrabnya, merupakan alumnus Teknik Informatika UAI angkatan 2001. Pria yang sudah sekitar sepuluh tahun bergelut di bidang IT ini sudah memiliki pengalaman yang luar biasa, di antaranya menjadi NOC Engineer (Network Operation Center), ATG Engineer (Advanced Technology Group), Network & Security Engineer, Head of IT Infra, dan Head of SMC (Security, Monitoring & Control) di berbagai perusahaan. Ia juga sudah lulus beragam sertifikasi, yaitu CCSP (Cisco Certified Security Professional), CISA (Certified Information System Auditor) , CISSP (Certified Information Systems Security Professional), dan CDCP (Certified Data Center Professional).

Pandri menjelaskan mengenai karir di IT Infrastructure. Sertifikasi yang dapat menunjang karir pun tak ketinggalan dijelaskannya, baik manfaatnya, tipenya maupun gambaran gaji yang bisa didapat jika bersertifikasi.

“Hampir semua jenis perusahaan butuh network engineer. Kenapa? Karena not work without network,” ujarnya.

Apakah menjadi network engineer itu menyenangkan? Tentu saja! Pandri menjabarkan keseruan bekerja di bidang yang satu ini, di antaranya bored-free zone karena teknologi baru selalu siap untuk kita eksplor, waktu bekerja yang fleksibel, kemungkinan untuk berpetualang, dan lain sebagainya. Presentase opportunity karirnya pun ditunjukkan. Hal tersebut membuat para mahasiswa tergiur untuk terjun di dunia network.

Bukan hanya menjelaskan hal seputar network saja. Pandri juga membuka sesi sharing dan memberikan motivasi kepada para mahasiswa untuk menemukan passionnya, mengawali segala sesuatu dengan niat yang baik, menikmati proses dan tidak terlalu fokus pada hasil.

Semoga dengan adanya perkuliahan ini tidak hanya memberi pengetahuan baru saja, namun menumbuhkan semangat baru pula bagi mahasiswa IF UAI.

Print Friendly
FacebookTwitterGoogle+Bagikan
<\/body>